Selasa, 28 Februari 2012

ANALISIS PENGARUH KEDISIPLINAN, MOTIVASI BELAJAR, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH METODE STATISTIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN 2009 Oleh : Tri Astuti Arigiyati Abstrak Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan, motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata kuliah metode statistika mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UST angkatan 2009 tahun akademik 2010/2011 baik secara parsial maupun simultan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kedisiplinan, motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata kuliah Metode Statistika mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST angkatan 2009 baik secara parsial maupun simultan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Matematika UST angkatan 2009 tahun akademik 2010/2011 yang berjumlah 150 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kedisiplinan saat kuliah termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan motivasi belajar dan dukungan orang tua mahasiswa termasuk dalam kategori sedang. Didapatkan koefisien korelasi 0,423 dan signifikan, artinya ada hubungan positif antara kedisiplinan, motivasi belajar, dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar mata kuliah Metode Statistika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan 2009. Didapatkan model persamaan regresi :Y’= 31,942 + 2,734 X1 - 0,366 X2 + 0,246 X3. Diperoleh koefisien determinasi 0,179 (17,9%). Artinya ketiga variabel bebas memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mata kuliah metode statistika sebesar 17,9% sedangkan sisanya sebesar 82,1% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kata kunci: kedisiplinan, motivasi belajar, dukungan orang tua, prestasi belajar, korelasi, regresi ganda.

Tidak ada komentar: