Senin, 27 Februari 2012

EFEKTITIFAS PEMBELAJARAN GURU BIDANG STUDI MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 (LIMA) SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KALASAN TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011 Oleh Sri Adi Widodo, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa dikarenakan persepsi negatif siswa terhadap matematika, obyek pembelajaran dalam matematika bersifat abstrak belum realistik, pembelajaran yang digunakan belum menggunakan guru bidang studi dan kemampuan untuk memahami konsep matematika pada jenjang sebelumnya sangat lemah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran, guru kelas atau guru guru bidang studi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 (lima) Sekolah Dasar se-Kecamatan Kalasan Tahun Pelajaran 2010-2011. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 Sekolah Dasar yang terdiri dari 3 Sekolah Dasar (177 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan 3 sekolah (77 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Uji coba instrumen dilakukan menggunakan uji validitas, tingkat kesukaran daya beda dan reliabilitas. Uji instrumen diberikan pada siswa kelas 5 SD Negeri I Tamanan, Kalasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes untuk data kemampuan awal dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan KPK dan FPB. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal yang diuji menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi sama (homogen) yang diuji menggunakan metode Barlett. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guru bidang studi matematika belum efektif diterapkan pada siswa kelas 5 (lima) sekolah dasar se-kecamatan Kalasan pada pokok bahsan KPK dan FPB. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh (tobs) sebesar 0,254 dimana daerah kritik unuk  = 207 pada taraf siginifikansi 5% (dua sisi) .

Tidak ada komentar: